Abstract

Hadirnya perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi dan informasi  saat ini menjadikan berkembangnya kegiatan jurnalistik foto yang menjadi salah satu penghasil produk jurnalistik di media massa khususnya media online. Saat ini wartawan foto di media massa tidak hanya terfokus di media cetak saja, wartawan foto di media online juga turut menjadi salah satu unsur penting dalam keredaksiannya guna mengisi konten dan membuat pembaca menjadi lebih tertarik untuk melihat ataupun membaca berita di sebuah media online.Terdapat tiga poin yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu, pertama untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pencarian foto oleh pewarta foto ayobandung.com. Kedua, untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengolahan foto oleh pewarta foto ayobandung.com. Ketiga, mengetahui dan mendeskripsikan proses pengiriman dan penyajian foto oleh pewarta foto hingga redaksi  ayobandung.com. Dalam mendukung penelitian, penulis menggunakan konsep teori yang merupakan paduan dari teori Jurnalistik serta Foto Jurnalistik dari Wilson Hick yang pada dasarnya perpaduan konsepsi dari dua teori tersebut dapat menjelaskan mengenai kegiatan jurnalistik foto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dari lembaga yang diamati dengan wawancara dan observasi. Sehingga hasil penelitian ini berupa deskripsi beserta data-data yang telah dihimpun peneliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan jurnalistik foto seperti pencarian foto, pengolahan foto dan pengiriman foto dan penyajian foto oleh fotografer dengan redaksi di media online ayobandung.com dilakukan dengan memanfaatkan beragam alat penunjang seperti perangkat digital dan koneksi dari internet dalam kegiatan jurnalistik fotonya.


The presence of technological developments, especially communication and information technology, currently makes journalistic activities one of the produ cers of journalistic products, especially online media. Currently photojournalists in the mass media are not only focused on print media, online photojournalists are also an important element in their editorial in order to fill in content and make readers more interested in seeing or reading news in an online media. There are three points that are the objectives of this research, namely, first to see and describe the photo search process by ayobandung.com photo journalist. Second, to see and describe the photo processing process by the ayobandung.com photo journalist. Third, expression and describe the process of sending and presenting photos by photo journalists to the editorial team of ayobandung.com. In supporting the research, the author uses a theoretical concept which is a combination of journalistic theory and Wilson Hick's photojournalism, which combines the conceptions of the two theories to explain photojournalism activities. The research used a descriptive method with a qualitative approach where the procedure that produces data in the form of written or spoken words from the institution was observed by interview and observation. So that the results of this study are in the form of descriptions along with the data that researchers have collected. Based on the research results, it shows that journalistic activities such as photo search, photo processing and photo submission and photo presentation by photographers with editors in the online media ayobandung.com are carried out by utilizing various supporting tools such as digital devices and connections from the internet in their photo journalistic activities.