Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres dapat bertahan di tengah persaingan industri pers di Jawa Barat melalui aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. menggunakan metode studi deskriptif dan paradigma interpretative. Diperoleh hasil penelitian bahwa redaksi harian umum Jabar Ekspres memulainya dengan menentukan fokus atau topik berita, melakukan setting headline, setting isu, setting liputan khusus serta rapat redaksi mingguan dan rapat budgeting. Adanya perbedaan cara intervensi yang didapatkan oleh redaktur dan wartawan, adanya dampak bagi pihak yang terlibat dalam pemberitaan. Serta yang terakhir adanya usaha untuk meningkatkan kualitas pemberitaan serta solusi yang disiapkan dalam menghadapi persaingan industri pers. Dengan menjalankan strategi manajemen redaksi tersebut, Harian Umum Jabar Ekspres bisa tetap bersaing dengan media massa lainnya di Jawa Barat, tidak mengesampingkan kode etik jurnalistik dan Undang-Undang tentang Pers.    


This research aims to know the management editorial strategy by Jabar Ekspres daily newspapers that through in many aspects as planning, implementation and evaluation can survive in West Java media industries competition. Method of research is descriptive study and use interpretative paradigm. The result obtained of the research determining the focus or topic of news, setting headline, setting the issues, setting the depth news as well as weekly meeting and a meetting of the budgeting. There is a different way of interventions are achieved by editor and reporter. There is the impact of published news for resource person and the parties involved in it. For the last is evaluation. There is efforts to improve the quality of news and solutions which is prepared to confront of competition industry press. By running the management editorial strategy, Jabar Ekspres daily newspaper can remain competitive with other mass media in West Java.