Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai infografis media katadata.co.id. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang melibatkan sumber data dari mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa atensi Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap infografis Katadata.co.id merupakan atensi yang spontatinas. Desain yang kreatif merupakan harapan dari mahasiswa dalam proses seleksi infografis media katadata.co.id. Mahasiswa dapat menafsirkan infografis dengan baik melalui aspek penyajian isu, penulisan narasi, dan desain atau tata letak yang digunakan infografis katadata.co.id.


This paper aims to determine students' perceptions of the katadata.co.id infographic. The research method used a descriptive method involving data sources from students of class 2017 Journalism UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Data analysis using qualitative analysis. The results showed that the attention of Journalism Students UIN Sunan Gunung Djati Bandung to the Katadata.co.id infographic was spontaneous attention. Creative design is the hope of students in the media infographic selection process katadata.co.id. Students can interpret infographics well through the aspects of presenting the issue, narrative writing, and the design or layout used by katadata.co.id infographics.