Abstract

Tujuan penelitian penulis dalam melakukan penelitian ini sebagai jingle di radio Maya 98 Fm dalam keikut sertaan kampanye Pilkada yang mempengaruhi Masyarakat DPT Kabupaten Bandung 2020. Dalam membuat jingle yang menarik dan sesuai dengan tema. Maka diperlukan analisis produksi yang telah berpengalaman dalam menyalurkan gagarasan dan informasi dalam bentuk suara secara umum dan terbuka sehingga dapat menjangkau partisipasi DPT Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan dapat berperilaku yang dapat diamati Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, banyaknya masyarakat meninggalkan radio sehingga ketika mendengarkan jingle kampanye di radio masyarakat banyak yang tidak menyadari dan masyarakat menganggap itu hanya iklan biasa. Oleh karenanya respon masyarakat terhadap suatu jingle kampanye dari Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung yang berlangsung lima tahun sekali akan cepat dilupakan masyarakat.