Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana media massa konvensional Tribun Jabar memanfaatkan media baru, yaitu media sosial Instagram khususnya fitur ig tv nya sebagai media penyebaran berita baik itu untuk media promosi dan atau mempertahankan citra dari perusahaan dimata masyarakat Jawa Barat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori difusi inovasi, teori ini menjelaskan menyalurkan informasi dengan sebuah gagasan baru atau inovasi kepada masyarakat atau komunitas. Tribun Jabar menggunakan ig tv sebagai media baru untuk menyebarkan berita kemudian masyarakat dapat mengunjungi website resmi dari Tribun Jabar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan tujuan membuat sebuah gambaran dengan mendeskripsikan atau memaparkan akun Instagram Harian Umum Tribun Jabar yang memanfaatkan fitur ig tv sebagai media penyebaran berita dalam bentuk vidio sehingga membuat berita lebih menarik di mata masyarakat. Mengumpulkan data melaui Teknik wawancara secara langsung dan daring dengan dua infroman. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan ig tv sebagai media baru penyebaran menjadi salah satu cara Tribun Jabar untuk menjaga citranya di mata masyarakat, dengan melihat peluang yang ada Tribun Jabar memanfaatkan semua jaringan media sosial untuk menyebarkan beritanya. Ig tv dari Tribun Jabar yang menyajikan berita dalam bentuk vidio kemudian dari unggahan tersebut pembaca dapat menghubungkan secara langsung dengan website dari Tribun Jabar.