Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang, nampaknya media cetak adalah salah satu media yang tergerus keeksistesiannya. Hal itu disebabkan karena adanya media social yang mengambil alih peran media cetak dikarenakan media sosial sangat mudah sekali diakses. Kecerdasan tekonologi di massa ini menunjang orang-orang untuk dapat mengoprasikannya. Hal tersebut membuat media cetak harus memutar otak untuk dapat bersaing dengan media social yang semakin meraja lela. Peran wartawan sangat penting dalam membuat pemberitaan, dan menjadi patokan untuk apa saja berita yang menarik untuk dibaca khalayak.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui danĀ  menganalisis: (a) Mengetahui strategi bidang redaksi surat kabar harian umum Kabar Priangan Tasikmalaya dalam menghadapi persaingan dengan media online, (b) Mengetahui strategi bidang percetakan Kabar Priangan Tasikmalaya, (c) Mengetahui strategi bidang iklan surat kabar harian umum Kabar Priangan Tasikmalaya, (d) Mengetahui strategi bidang pemasaran surat kabar harian umum Kabar Priangan Tasikmalaya dalam penjualan oplah koran.


Metode penelitianĀ  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada pihak yang berkompeten khususunya karyawan yang bekerja di redaksi dan observasi langsung. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman akan strategi yang dilakukan media cetak Kabar Priangan Tasikmalaya dalam mempertahankan eksistensinya di era globalisasi dengan memulai sebuah memperbaharui tampilan yang lebih menarik pada tata letak rubrik koran sesuai dengan aspek keahlian para pekerjanya untuk tertap berpacu dengan zaman agar tetap up to. Harian Umum Kabar Priangan Tasikmalaya memberikan sebuah tampilan baru pada korannya untuk menarik perhatian pembaca


In the current era of globalization, print media is one of the media whose existence has eroded. This is because social media has taken over the role of print media because social media is very accessible. Technological intelligence in this mass supports people to be able to operate it. This makes the print media have to rack their brains to be able to compete with social media which is increasingly rampant. The role of journalists is very important in making news, and becomes a benchmark for what news is interesting for the public to read.
This study aims to determine and analyze: (a) Knowing the field of editorial strategy for the general daily newspaper in Tasikmalaya in the face of competition with online media, (b) Knowing the strategy for printing the newspaper Priangan Tasikmalaya, (c) Knowing the field of strategy for the general daily newspaper, Kabar Priangan. Tasikmalaya, (d) Knowing the marketing strategy of the general daily newspaper, Kabar Priangan, Tasikmalaya, in selling newspaper circulation.
The research method used in this research is descriptive quantitative method by conducting in-depth interviews with competent parties, especially employees who work in the editorial department and direct observation. The results of this study provide an understanding of the strategies carried out by the print media of Kabar Priangan Tasikmalaya in maintaining its existence in the era of globalization by starting a more attractive update on the layout of the newspaper rubric in accordance with the aspects of the expertise of its workers to work with the times to keep it up to date. Daily News Priangan Tasikmalaya gives a new look to its newspaper to attract readers' attention