Studi Keterampilan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat keterampilan metakognitif siswa (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan melibatkan 356 siswa sebagai partisipan yang terdiri 160 siswa laki-laki dan 196 siswa perempuan dari kelas X, XI, dan XII. Data dijaring dari dua instrument penelitian yaitu formulir informasi pribadi (Personal Information Form) yang dikembangkan oleh peneliti untuk menjaring data yang berkaitan dengan tingkat kelas dan jenis kelamin serta Skala Keterampilan Metakognitif (Metacognitif Skills Scale) yang diadaptasi dari Tuncer and Kaysi (2013). Temuan penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki keterampilan metakognitif yang tinggi yang terdiri dari tiga aspek yaitu keterampilan berpikir reflektif untuk menyelesaikan masalah, keterampilan membuat keputusan dan keterampilan membuat evaluasi alternatif. Hasil keterampilan metakognitif berdasarkan level kelas menunjukan bahwa keterampilan metakognitif siswa meningkat seiring dengan meningkatnya level kelas. Dari aspek gender, hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan memeiliki tingkat keterampilan metakognitif yang relatif sama.
This study aims to investigate the level of student’s metacognitive skills at Public Senior High School (SMAN) 1 Margaasih Bandung. This research is a descriptive study which involved 356 Senior High Students as participants consits of 160 male students and 196 female students. They are the 10th, 11th, and 12th graders. The data were collected from Personal Information Form to know the students’ grade and gender, and scale of metacognitive skills adapted from Tuncer and Kaysi (2013) to assess students’ metacognitive skills. The findings indicate that Senior High Students have high metacognitive skills which consist of three sub-dimensions namely reflective thinking skills to solve problems, skills to make decision and skill to make alteternative evaluation. In addition, the result of student’s metacognitive skills in term of class level indicate that the student’s metacognitive skills tend to increase as students get higher level. In term of gender, the result shows that both male and female students show no significant difference in their metacognitive skills.