Abstract

This study aims to determine the categorization of da'wah messages including the message of faith, moral messages and sharia messages contained in the catalog of shirts. The method used in this study is to use analytical methods using symbol coding, reporting and interpretation techniques. Using data reporting techniques, literature study and categorization. In this study it can be concluded that Afrakids Muslim children's products have a message category with a total of 2 messages or a percentage of 7.7%, has a message categorization with a total of 18 messages or a percentage of 69.2%, and has a sharia message categorization with a total of 6 messages or percentage of 23.1%. Of the three categorization messages of da'wah, do more using messages for children in instilling the values ​​of Islamic teachings in daily life. Followed by the Sharia message and the least message of faith.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwah meliputi pesan akidah, pesan akhlak serta pesan syariah yang ada pada katalog kaos tersebut. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi dengan menggunakan teknik symbol coding, mencatat lambang atau pesan secara sistematis kemudian diberi interpretasi. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui dokumentasi, studi pustaka dan kategorisasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk anak muslim Afrakids memiliki kategori pesan akidah dengan jumlah 2 pesan atau persentase sebanyak 7,7%, memiliki kategorisasi pesan akhlak dengan jumlah 18 pesan atau persentase sebanyak 69,2%, dan memiliki kategorisasi pesan syariah dengan jumlah 6 pesan atau persentase sebanyak 23,1%. Dari ketiga kategorisasi pesan dakwah tersebut, cenderung lebih banyak menggunakan pesan akhlak untuk anak dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Disusul dengan pesan syariah dan pesan akidah yang paling sedikit.