Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan Kampanye Pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi yang berlandaskan konsep kampanye Leond Ostergaard. Pendekatan yang digunakan adalah interpretatif dengan metode penelitian studi deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampanye yang dilakukan diawali dengan tahap pertama, melakukan pencarian fakta melalui kegiatan monitoring media, sosialisasi langsung dan melalui laporan pengaduan dari masyarakat. Kedua, melakukan perancangan kampanye dengan menetapkan tujuan, pesan, saluran dan pelaku kampanye. Ketiga, melakukan pelaksanaan kampanye melalui media dan pelaksanaan melalui tatap muka. Keempat, melakukan evaluasi kampanye melalui monitoring media dan melalui pengelolaan Press Release. Hal tersebut bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi.


Kata Kunci : Kampanye Public Relations; Covid-19; Pemerintah Kota Bekasi



ABSTRACT


This research aims to find out the process of covid-19 prevention campaign conducted by bekasi city government based on the concept of Leond Ostergaard campaign. The approach used is interpretive with descriptive study research methods and data collection techniques through in-depth documentation and interviews. The results of this study show that the campaign started with the first stage, conducting fact-finding activities through media monitoring activities, direct socialization and through reports of complaints from the public. Second, design campaigns by setting goals, messages, channels and campaign participants. Third, conduct campaigns through the media and implementation through face-to-face. Fourth, evaluate campaigns through media monitoring and through Press Release management. It aims to break the chain of covid-19 spread in Bekasi City.


Keywords : Public Relations Campaign; Covid-19; Bekasi City Government