Abstract

Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu Daerah yang berada di Provinsi Banten yang memiliki potensi wilayah pariwisata Panorama pantai yang indah dan ekstois. Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang merupakan lembaga pemerintah yang mengelola sektor pariwisata yang berada di Daerah Kabupaten Pandeglang untuk menjadikan Destinasi Pariwisata Kabupaten Pandeglang sebagai tempat tujuan wisata. Dalam kegiatan membangun Branding Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang mengimplementasikan Konsep Tahapan Destination Branding sebagai strategi. Tujuan yang dilakukan peneliti dalam kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang dalam mengimplementasikan terhadap Destinasi Wisata yang berada di Daerah Kabupaten Pandeglang. penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan mengumpulkan informasi dan data melalui kegiatan wawancara dan studi dokumen. Konsep yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah menggunakan Konsep Destination Branding oleh Morgan & Pritchard. Dari hasil penelitian ini, pengelola mengimplementasikan Konsep Tahapan Destination Branding dalam pengelolaan Pariwisata Kabupaten Pandeglang melalui lima tahapan yaitu market investigation, analysis and recommendation, brand identity development, brand launch and introduction, brand implementation dan monitoring evaluation and review.


 


Pandeglang Regency is one of the areas in Banten Province which has the potential for beautiful and exotic coastal panoramic tourism areas. The Pandeglang Regency Tourism Office is a government agency that manages the tourism sector in the Pandeglang Regency area to make Pandeglang Regency Tourism Destinations a tourist destination. In the activity of developing Pandeglang Regency Tourism Branding, the Pandeglang Regency Tourism Office applies the Destination Branding Stage Concept as a strategy. The purpose of the researcher in this activity is to find out how the efforts of the Pandeglang Regency Tourism Office in implementing Tourism Destinations in the Pandeglang Regency Area. This study uses a qualitative descriptive research method by collecting information and data through interviews and document studies. The concept used in this research activity is the Destination Branding Concept by Morgan & Pritchard. From the results of this study, managers implement the Concept of Branding Destination Stages in Pandeglang Regency Tourism management through five stages, namely market investigation, analysis and recommendations, brand identity development, brand launch and introduction, brand implementation and monitoring evaluation and review.