Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang pesan dakwah yang terdapat dalam channel Youtube Hobby Makan, dilihat dari segi pengkategorian pesan. Pengkategorian pesan dibagi menjadi kategori isi dan kategori bentuk. Kategori isi pesan meliputi, akidah, syariah dan ahlak. Sedangkan kategori bentuk pemyajian meliputi informatif, persuasif dan koersif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) dengan penyusunan data kemudian dijelaskan, dianalisis, yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam channel youtube ini terdapat pesan dakwah. Peneliti menemukan tiga bentuk penyajian pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif, bentuk penyajian persuasif dengan kata ajakan dan himbauan yang lebih dominan dibandingkan bentuk penyajian yang lainnya. Selanjutnya kategori isi pesan tentang akhlak lebih dominan dibandingkan pesan syariah dan akidah


Kata Kunci : Pesan; Dakwah; Kuliner; Youtube