Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan strategi komunikasi, implementasi, faktor pendukung, penghambat dan solusi serta evaluasi yang digunakan Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sehingga peneliti memberikan gambaran objek mengenai Teman Halal secara jelas dan sistematis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan Teman Halal meliputi mini riset, membuat desain dan konten yang kreatif, inovatif serta komunikatif, memberikan materi secara intertekstual, mengadakan halal challance dan membangun komunikasi yang baik dengan followers. Implementasi Teman Halal memanfaatkan semua media yang ada terutama media sosial instagram. Keberhasilan Teman Halal didukung oleh sumber daya yang lengkap, adanya peran mahasiswa, followers komunitas dan media. Adapun faktor penghambat yaitu, infobesitas serta kurangnya pemahaman masyarakat dan industri kecil terkait konsep halal haram. Evaluasi Teman Halal menggunakan analisis SWOT dengan mengenali peluang dan ancaman baik internal maupun eksternal.


Kata Kunci : Strategi Komunikasi; halal lifestyle; media sosial


The purpose of this research is to find out how communication strategy planning, implementation, supporting factors, obstacles and solutions as well as evaluation are used by Teman Halal in socializing the halal lifestyle on Instagram social media. The method used in this study is a qualitative descriptive analysis method, so that the researcher provides a clear and systematic description of the object regarding Teman Halal. The results of this study explain that the communication strategy planning carried out by Teman Halal includes mini research, creating creative, innovative and communicative designs and content, providing intertextual material, holding halal challenges and building good communication with followers. Teman Halal implementation utilizes all existing media, especially Instagram social media. The success of Teman Halal is supported by comprehensive resources, the role of students, followers communityand the media. As for the inhibiting factors, namely, infobility and lack of understanding of the community and small industry regarding the concept of halal haram. Teman Halal evaluation uses a SWOT analysis by identifying opportunities and threats both internal and external.


Keywords : Communication Strategy; halal lifestyle; social media