Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: konsep strategi pelayanan yang di lakukakan di KBIH LHM, dan implementasi dan evaluasi strategi pelayanan yang dilakukan oleh KBIH LHM. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara langsung dengan pihak dalam KBIH yang memiliki kompetensi dalam bidang-bidang yang penulis teliti, studi dokumentasi berupa laporan catatan dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan. Hasil data peneliti menunjukan bahwa pertama, konsep strategi yang dilakukan LHM yaitu memberikan pelayanan program bimbingan haji baik di tanah air maupun di tanah suci. Kedua, implementasi strategi pelayanan yang dilakukan LHM yaitu dari mulai persiapan sampai pemulangan haji. Ketiga, evaluasi strategi pelayanan yang dilakukan LHM sudah termasuk kepada excelent service karena dapat memuaskan semua pelanggannya.


This study aims to find out about: the concept of service strategies implemented in KBIH LHM, and implementation and evaluation of service strategies carried out by KBIH LHM. The method used is descriptive method with a qualitative approach. The research was conducted through observation, direct interviews with parties within the KBIH who have competence in the fields the author is researching, documentation studies in the form of notes reports and other relevant documents. The results of the research data show that first, the concept of strategy carried out by LHM is to provide Hajj guidance program services both in the homeland and in the holy land. Second, the implementation of the service strategy carried out by LHM, starting from the preparation to the return of the hajj. Third, the evaluation of service strategies carried out by LHM includes excellent service because it can satisfy all its customers.