Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi di LAZISMU Jawa Barat, khususnya dalam mengelola dana zakat. Penelitian ini bertolak dari pemikiran Riva’i dalam Eddy Yunus bahwa manajemen strategi yang terdiri dari tiga proses yaitu: (1) Perumusan strategi, (2) Penerapan strategi, (3) Evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi di LAZISMU Jawa Barat terdiri dari tiga proses: Pertama, perumusan strategi yang meliputi perumusan visi dan misi, analisis lingkungan, menentukan tujuan dan sasaran serta berakhir dengan penentuan strategi. Kedua, penerapan strategi yang meliputi pengorganisasian, sinergi fungsional yang mengatur pelaksanaan program, dan prosedur program pengelolaan dana zakat mulai dari pengumpulan, pendistribusian serta pendayagunaan zakat produktif. Ketiga, evaluasi strategi dari proses perumusan dan penerapan strategi.


This study aims to determine how strategic management in LAZISMU West Java, especially in managing zakat funds. This research is based on Riva'i's thought in Yunus that strategic management consists of three processes, namely: (1) strategy formulation, (2) strategy implementation, (3) evaluation. The method used in this research is descriptive method. Data collection techniques by observation and interviews. Based on these findings, it can be concluded that strategic management in LAZISMU West Java consists of three processes: First, the formulation of a strategy which includes the formulation of a vision and mission, environmental analysis, determining goals and objectives and ending with determining the strategy. Second, the implementation of strategies that include organizing, functional synergy that regulates program implementation, and program procedures for zakat fund management starting from the collection, distribution and utilization of productive zakat. Third, evaluation of strategies from the process of strategy formulation and implementation.