Abstract

Masalah penelitian ini untuk menganalisis strategi pengembangan yang digunakan pondok pesantren Al-Mu’awanah dalam meningkatkan kreatifitas santri, karena banyaknya pesantren yang telah lama berkembang namun pondok pesantren Al-Mu’awanah dengan lingkungan yang sederhana dan fasilitas yang minim dapat menghasilkan santri-santri yang pandai dalam meningkatkatkan kreatifitas sehingga dapat meraih berbagai prestasi dan memiliki berbagai keahlian sehingga menjadi kebanggaan bagi pondok pesantren dan juga bagi keluarganya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pengelola pondok dalam meningkatkan kreatifitas santri serta untuk mengetahui motivasi dan program yang ada dipondok pesantren Al-Mu’awanah dalam meningkatkan kreatifitas santri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang strategi pengembangan dipondok Al-Mu’awanah dalam meningkatkan kreatifitas santri. Langkah yang ditempuh dalam penelitian yaitu menentukan lokasi penelitian, metode penelitian, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelola pondok Al-Mu’awanah mampu meningkatkan kreatifitas santrinya sehingga sebagian besar santri dapat mengikuti berbagai program dipondok pesantren Al-Mu’awanah dengan baik dan lancar dan menciptakan berbagai kreatifitas santri sehinga santri mendapat penghargaan dari pondok dan kebanggaan bagi keluarganya. Serta dengan motivasi yang diberikan pengelola pondok baik dengan memberikan reward, hukuman terhadap santri yang melanggar, menyelenggarakan fasilitas pondok dan menyelenggarakan berbagai program kegiatan pondok sehingga mampu meningkatkan kreatifitas santri dipondok pesantren Al-Mu’awanah.


The problem of this research is to analyze the development strategies used by Al-Mu'awanah Islamic boarding schools in increasing the creativity of santri, because there are many pesantren that have long been developing but Al-Mu'awanah Islamic boarding schools with simple environments and minimal facilities but can produce santri who are clever in increasing creativity so they can achieve various achievements and have various skills so that it becomes a pride for Islamic boarding schools and also for their families. The purpose of this study was to determine the ability of cottage management in increasing the creativity of santri and to find out the motivations and programs available at the boarding of Al-Mu'awanah Islamic boarding school in increasing the creativity of santri. The method used in this study is descriptive method, because the purpose of this study is to describe, and provide an explanation of the development strategy in Al-Mu'awanah in increasing students' creativity. The steps taken in the research are determining the location of research, research methods, data types, data sources, data collection techniques, and finally analyzing. The results of this study indicate that the manager of Al-Mu'awanah cottage is able to increase the creativity of his santri so that most santri can take part in various programs at the Al-Mu'awanah boarding school smoothly and create a variety of santri creations so that the santri gets appreciation from the hut and pride for his family . As well as the motivation given by the management of the lodge both by giving rewards, punishing the violating santri, holding cottage facilities and holding various cottage activities programs so as to increase the creativity of santri boarded by Al-Mu’awanah Islamic boarding schools.