Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis aktivitas kompetensi pelatihan dan pendidikan karyawan dalam pelayanan ibadah haji, penilaian kerja karyawan dalam pelayanan ibadah haji dan aktivitas karir karyawan. Penulis menggunakan teori Manajemen Sumber Daya Manusia yang dikemukakan oleh Garry Dessler.  Hasil penelitian menunjukan, Pertama: Pelatihan dan pendidikan dilakukan oleh Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah metodenya adalah dengan menggunakan sistem ceramah, magang, pelatihan dalam kelas dengan bimbingan instruktur. Kedua: Penilaian kerja karyawan yang mencakup aspek penilaian kerja karyawan meliputi perbuatan positif, perbuatan negatif, kehadiran, kedisiplinan, kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa, dan kepemimpinan dan  dilakukan di dalam kantor dengan menggunakan metode kajadian kritis, metode manajemen tujuan, metode kejadian penting, dan metode tinjauan lapangan. Ketiga: yang menjadi tolak ukur penentuan karier karyawan harus memiliki pemahaman, keterampilan, ilmu pengetahuan, kapasitas dan kompetensi yang baik dalam hal manajemen perhajian. Sehingga sehingga sumber daya manusia yang  meningkat.


The purpose of this study was to analyze the competency activities of training and education of employees in the Hajj service, the assessment of employee work in the Hajj service and employee career activities. The author uses the theory of Human Resource Management proposed by Garry Dessler. The results showed, First: Training and education carried out by the staff of the Section for Hajj and Umrah Implementation of the method is to use the lecture system, internships, training in the classroom with the guidance of instructors. Second: Employee work assessments that include aspects of employee work assessment include positive actions, negative actions, attendance, discipline, loyalty, work performance, responsibility, obedience, honesty, cooperation, initiative, and leadership and carried out in the office using the critical incident method , methods of goal management, methods of important events, and methods of field review. Third: the benchmark for determining employee careers must have good understanding, skills, knowledge, capacity and competence in terms of management of study. So that human resources increase.