Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategik yang terdiri dari formulasi, implementasi serta evaluasi strategi Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam rangka mencetak kader da’i multi bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Strategik Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah terdiri dari 3 unsur: Pertama, formulasi dilakukan dengan membuat berbagai program kegiatan yang mendukung dalam mencetak kader da’i multi bahasa. Kedua, implementasi berupa pelaksanaan berbagai program disertai prosedur program yang telah ditentukan, serta adanya pembentukan dan pelaksanaan organisasi santri untuk membantu merealisasikan setiap program kegiatan. Ketiga, evaluasi yang dilakukan Pondok Pesantren dalam mencetak kader da’i multi bahasa yaitu dengan melakukan berbagai penilaian, seperti penilaian tertulis melalui berbagai ujian tulis, serta  penilaian secara lisan mengenai kebahasaan.


This paper aims to analyze strategic management which consists of the formulation, implementation and evaluation of strategies in Al-Ihsan Baleendah Islamic Boarding School in order to produce multi-language cadres. The method used in the research is descriptive method with a qualitative approach. Data collection is done by using observation techniques, documentation studies, interviews, and literature studies. The results of the study show that the Strategic Management of Al-Ihsan Baleendah Modern Islamic Boarding School consists of 3 elements: First, the formulation is carried out by making various program activities that support the printing of multi-language cadres. Second, implementation in the form of implementing various programs accompanied by program procedures that have been determined, as well as the establishment and implementation of santri organizations to help realize each activity program. Third, the evaluation conducted by Pondok Pesantren in printing multi-language cadres is by conducting various assessments, such as written assessments through various written examinations, and verbally evaluating linguistics.