Abstract

ABSTRAK


Tulisan ini bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi dan program yang dibuat oleh PT. Holcim Indonesia, Tbk dalam memberdayakan masyarakat Islam. Kemudian untuk mengetahui implementasi dana CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk, dan untuk mengetahui hasil dari impelementasi dana CSR dari PT. Holcim Indonesia, Tbk untuk masyarakat Islam. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi dan program PT. Holcim Indonesia, Tbk melakukan 5 pilar dalam memberdayakan masyarakat Islam diantaranya ekonomi, lingkungan, pendidikan dan latihan, sosial dan infrastruktur, Implementasi penyaluran dana CSR dengan mengikuti prosedur diantaranya pemetaan sosial, mengadakan media komunikasi masyarakat secara transparansi,anggaran tahunan, membuat perprogram sesuai pengajuan dari setiap desa,implementasi program danMonitoring and Evalution, Hasil implementasi dan CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk masyarakat menyatakan kepuasan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam meluapkan segala aspirasi dan mampu berkompetisi, tingginya kesadaran masyarakat dalam mewujudkan desa ekonomi berwawasan lingkungan.


Kata Kunci : Strategi; Corporate Social Responsibility (CSR); Pemberdayaan Masyarakat


                                               ABSTRACT       


The research as a purpose to know and analyzed the strategy and program was made by PT. Holcim Indonesia, Tbk for empowering the Islamic community. And know the implementation fund CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk for society. This research form qualitative research used descriptive method. Technique collecting data used observation, interview, and documentation. The analysis data used by logic interpreter connected with the development of Islamic society context. The results of the research that strategy and program PT. Holcim Indonesia, Tbk make 5 pillars to develop of Islamic society that is economy, area, training and education, infrastructure and social, distribution implementation funds CSR take a procedure that is social mapping, organize media communication of society as transparency, the annual budget, make a program appropriate from each village, implementation of program and Monitoring and evaluation. The result of implementation and CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk the society explain that satisfied till increase self-confidence to explain aspiration and able to compete, increasing public awareness to create the village economy environment.


Keyword: Strategy; Corporate Social Responsibility (CSR); Society Development