Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana proses pengembangan inovasi dalam produksi pemberitaan yang mencakup pemilihan isu berita, penulisan, hingga proses editing oleh redaksi media Catch Me Up untuk disiarkan melalui newsletter e-mail. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode deskriptif yang menjelaskan hasil berbentuk narasi. Didukung dengan teori ekologi media yang dicetuskan Marshall McLuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa redaksi Catch Me Up memilih isu dengan riset informasi bersumber dari media online kredibel dan terverfivikasi dewan pers. Sedangkan dalam penulisan berita, Catch Me Up menggunakan pola pembertiaan dengan struktur kronologis dimana keseluruhan alinea merupakan hal yang penting. Selain itu dalam satu berita dipaparkan dari berbagai sudut pandang yang berbeda untuk menyeimbangkan porsi setiap pihak yang terkait dalam isu tersebut. Penyajian berita dengan konsep baru yang ditawarkan Catch Me Up mengundang minat masyarakat untuk lebih berpikir terbuka akan informasi.


Kata Kunci : Strategi; Berita; Media Online; Newsletter.


ABSTRACT


This research was conducted to understand how the innovation development process in news production includes the selection of news issues, writing, to the editing process by the media editor of Catch Me Up to be broadcast via e-mail newsletters. This study uses a qualitative approach with a descriptive method that explains the results in the form of a narrative. Supported by the media ecology theory that was coined by Marshall McLuhan. The results showed that the Catch Me Up editor chose issues by researching information sourced from credible online media and verified by the press council. Meanwhile, in news writing, Catch Me Up uses a news pattern with a chronological structure where the entire paragraph is important. In addition, the news is presented from conciseness perspectives to balance the portion of each party involved in the issue. The presentation of news with a new concept offered by Catch Me Up invites people to be more open-minded about information.


Keywords : Strategy; News; Online Media; Newsletter.