Abstract

ABSTRAK


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan lead berita pada media sosial dengan objek penelitian akun instagram @OfficialVPC komunitas Viking Persib Club. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan atau melukiskan keadaan objek atau subjek berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaiamana adanya. Hasil penelitian menunjukan penulisan pada media sosial instagram @OfficialVPC menggunakan unsur penulisan 5W+1H (What, when, who, where, why dan how) sehingga pembaca dapat memahami isi berita dengan hanya membaca lead berita. Dasar berita yang diterapkan sesuai dengan konteks akun media instagram @OfficialVPC yang merupakan media penyalur ragam informasi dalam ruang lingkup tim sepak bola Persib Bandung dan komunitas Viking Persib Club. Pengelolaan media instagram @OfficialVPC tidak dituntut secara daily dalam menyebarkan berita karena sifat dari media instagram yaitu situasional dan kondisional sehingga para followers hanya menjadikan akun instagram @OfficialVPC sebagai penunjang refrensi berita.


Kata Kunci :  Media sosial; Instagram; Persib; Komunitas Viking Persib Club


ABSTRACT


Goal this writer for knowing how use news lead on social media with research object Instagram account @OfficialVPC Viking Persib Club Community research method use descriptive method a describe the state of the object or subject based of facts it appears or how it is. Result research writer on social media Instagram @OfficialVPC use writer elements 5W+1H (What,When,Who Where,When,How) so that readers get understanding fill in news with just read news lead. Elementary news an applied accordingly with account context Instagram account @OfficialVPC which is channel media variety information in scope team soccer of Persib Bandung and Viking community persib club management Instagram media @OfficialVPC not sued in a manner daily in shared news because character on Instagram media namely situasional and conditional so the followers just as Instagram account @OfficialVPC as support news references.


Keywords: Social Media, Instagram, Persib, Viking Community Persib Club