Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran sebuah program acara di stasiun radio komunitas 107.2 FM MAN  Kota Sukabumi yang berkaitan erat dengan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma kontruktivis dan metode studi kasus, yakni mengetahui strategi penyiaran sebuah acara yang nantinya bisa diketahui hasil penyiarannya. Hasil penelitian ini menemukan beberapa fakta. Pertama, Radio Komunitas 107.2 FM dalam perencanaan penyiaran program acara Mandasi Membanggakan melakukan rapat redaksi untuk menentukan tema dan penentuan narasumber yang berkaitan dengan pendidikan dimana agar sesuai lingkungan yang berpendidikan, kedua Radio Komunitas 107.2 FM memproduksi programnya secara mandiri tanpa menduplikasi dari program acara stasiun radio yang lainnya. Ketiga pengawasan dan evalusi penyiaran program Mandasi Membanggakan dilakukan langsung oleh pemimpin redaksi dan redaktur program setiap setelah acara selesai disiarkan agar bisa dilihat dimana letak kekurangannya dalam penyiarannya. Disamping itu pada konsep penyiarannya, penyiar juga menggunakan konsep profesionalisme, dimana komunikasi mereka harus sesuai dengan tema yang digunakan agar sejalan dan tidak membosankan kepada pendengar maupun kepada narasumbernya.


Kata Kunci :  Pendidikan, Radio Komunitas, Strategi Penyiaran.


ABSTRACT


This study aims to determine the broadcasting strategy of an event program at 107.2 FM MAN community radio station in Sukabumi City which is closely related to education. This study uses a qualitative approach, a constructivist paradigm and a case study method, which is to know the broadcasting strategy of an event that can later be known about the results of broadcasting. The results of this study found several facts. First, Community Radio 107.2 FM in the broadcasting program of the Mandation of Merry program conducted an editorial meeting to determine the theme and determination of sources related to education in order to suit an educated environment, both Community Radio 107.2 FM produced their programs independently without duplicating radio station programs. others. The three broadcasting monitoring and evaluation programs of the Proud Mandation are carried out directly by the editor in chief and editor of the program every time the program has finished broadcasting so that it can be seen where the deficiencies are in broadcasting. Besides that on the broadcasting concept, broadcasters also use the concept of professionalism, where their communication must be in accordance with the theme used to be in line and not boring to the listeners and to the speakers.


Keywords:Education, Community Radio, Broadcasting Strategy.