Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kampanye public relations dalam mensosialisasikan makanan halal kepada masyarakat yang dilakukan oleh LPPOM MUI Jawa Barat. Penelitian ini membahas masalah yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kampanye. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dan paradigma konstruktivime. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye public relations dalam mensosialisasikan makanan halal kepada masyarakat oleh LPPOM MUI Jawa Barat sesuai dengan konsep dimensi praktis kampanye. Tahap perencanaan dengan menggunakan menganalisis masalah, menentukan tujuan, menentukan sasaran, menentukan pesan, menentukan waktu dan menentukan biaya. Tahap pelaksanaan dengan memilih pelaksana, menyesuaikan penyampaian pesan dan menetapkan media yang digunakan. Proses evaluasi dengan melihat dari terjangkaunya sasaran dan perubahan sikap sasaran.


The benefit of this research is to analyze the public relation campaign in socializing halal food to the society conducted by LPPOM MUI of West Java. This research discuss issues that connected to planning, implementing and evaluating the campaign. This research is a qualitative research using case study method and constructivism paradigm. Data collection in this research through observation technique, interview and documentation. The result of this research is to show that the public relation campaign in socializing halal food to the society conducted by LPPOM MUI of West Java in accordance with the concept of practical dimensions of the campaign. The planning step is uses analyzing problems and determining goals, targets, messages, time and costs.  The implementation step by selecting the executor, adjusting the delivery of the message and determining the media used.  The evaluation step by looking at the reach of the target and the change of target’s attitude.