Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang Strategi Membangun Citra Melalui Program Edu Wisata Batik, yang terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yang menjadi strategi membangun citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Membangun Citra yang dilakukan oleh Rumah Batik Komar adalah melalui program Edu Wisata Batik yang terbagi menjadi tiga rangkaian kegiatan. Yang pertama, pengenalan identitas perusahaan, yang mana Public RelationsOfficer Rumah Batik Komar menjelaskan sejarah singkat, visi misi, struktur organisasi, sumber daya manusia, dan prestasi yang pernah diraih. Kegiatan pengenalan identitas perusahaan ini dapat dikategorikan menjadi pengenalan identitas fisik dan pengenalan identitas non-fisik. Kedua, kegiatan edukasi sebagai upaya dalam menanamkan nilai-nilai falsafah batik dan melatih kesabaran melalui pelatihan membatik. Ketiga, kegiatan wisata yang terdiri dari tour ke tempat produksi dan tour showroom Rumah Batik Komar. Strategi Membangun Citra Melalui Program Edu Wisata Batik ini dirasakan cukup efektif dalam mengenalkan perusahaan kepada masyarakat, sehingga cukup efektif dalam membangun citra Rumah Batik Komar.


This research aims to find out and describe about strategy to build its image Through Edu Wisata Batik. This research uses a paradigm of Constructivism. The approach used is a qualitative approach. The methods used in this research is a case study method. This study raised the uniqueness of the program a different company with other companies. On the research of it only exposes the social symptoms of an existing course. The results of this research show that the strategy of building up the image of Batik Home performed by Komar is through Edu Wisata Batik is divided into three series of activities. First, the introduction of corporate identity, which is the Public Relations Officer of Rumah Batik Komar describes a brief history, vision and mission, organizational structure, human resources, and achievement ever earned. This corporate identity introduction activities can be categorized into the introduction of the identity of physical and non-physical identity recognition. Second, educational activities as an effort in instilling the values the philosophy of batik and batik training through patience to train. Third, the tourism activity consists of production to the place of the tour and tour the showroom Rumah Batik Komar.