Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Humas Pemerintah Kota Bandung (Humas Bandung) mendukung Program Bandung Smart City melalui publikasi dengan menggunakan perspektif four steps of PR (Research, Planning, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melibatkan informan dari Humas Bandung dan observasi proses dan hasil publikasi. Analisis data dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Bandung memanfaatkan media online terutama media sosial sebagai media utama dengan agenda setting dalam perencanaan publikasinya. Konten dibuat semenarik mungkin, kemudian publikasi dilakukan dengan memanfaatkan hashtag sebagai Viral Marketing dan verified badge untuk prior ethos. Kegiatan publikasi mendapatkan respon yang positif, baik dari masyarakat maupun SKPD terkait.


-


This research aims to understand how the PR Department of City Government of Bandung (Humas Bandung) promoting the Bandung Smart City Program through publications from the point-of-view of the four steps of PR theory (includes research, planning, implementation, and evaluation of the publication). Case study method that is being used in this research involves the informant from Humas Bandung and observations on the process and results of the publication. Research shows that Humas Bandung utilizes the online media, mainly social media, as the primary media for the publication and designed an agenda setting as part of the publication planning. The contents are made to be as much exciting as possible, using hashtag as method of Viral Marketing, and the verified badge for evoking prior ethos. Publication achieves positive feedback from citizens and involved local government agencies.