Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen publikasi produk yang dilakukan oleh PR Perum Perhutani divisi regional Jawa Barat dan Banten sehingga manajemen yang dikelolanya itu bisa berhasil dan sukses dilakukan tanpa adanya hambatan yang berarti sehingga bisa mengganggu keberlangsungan publikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep dari Menurut Cutlip-Center-Broom (Morrisan, 2008 : 108), yaitu terdapat empat fungsi manajemen, yaitu “(1)penentuan masalah (2)perencanaan (3)pelaksanaan (4)evaluasi”. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif serta menggunakan metode fenomenologi dan untuk mengumpulkan data penulis melakukan wawancara serta observasi. Hasil yang penulis dapat ketika melakukan penelitian adalah dalam penentuan masalah menentukan pembuatan publikasi produk, persetujuan oleh direksi. Perencanaannya dengan menunggu anggaran dana, menentukan konsep dan kesiapan produk. Pelaksanaannya yakni menggunakan media sosial instagram dan facebook untuk publikasi produk, kerjasama antar berbagai pihak, lalu penempatan dan pembaharuan. Dengan demikian evaluasinya semua aspek internal, analisis memakai data statistic dan koreksi pada publikasi ini apakah dikenal dan diminati oleh masyarakat atau tidak.


 Kata Kunci: Manajemen PR; Publikasi; Media Sosial


ABSTRACT


The research was conducted aimed at finding out how the management of product publications was carried out by PR Perum Perhutani, the regional division of West Java and Banten so that the management they managed could succeed and succeed without any significant obstacles that could disrupt the continuity of the publication. This study uses the concept of According to Cutlip-Center-Broom (Morris, 2008: 108), namely there are four management functions, namely "(1) determination of the problem (2) planning (3) implementation (4) evaluation". The approach used is a qualitative approach and uses the phenomenology method and to collect data the author conducts interviews and observations. The results that the author can when conducting research are in determining the problem of determining the manufacture of product publications, approval by the directors. Planning by waiting for the budget, determining the concept and product readiness. The implementation is using Instagram social media and Facebook for product publication, collaboration between various parties, then placement and renewal. Thus the evaluation of all internal aspects, the analysis uses statistical data and corrections to this publication whether or not it is known and sought by the public.


Keywords: PR Management; Publication; Social media