Abstract

Website Pemerintah Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu media informasi yang dirancang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam proses penyebar luasan informasi kepada masyarakat jawa barat. tulisan ini mengungkapkan tentang proses implementasi Electronic Public Relations melalui website Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Metode yang digunakan falam penelitian ini adalah metode Analisis Deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivisme, kemudian teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, observasi partisipatori pasif, wawancara mendalam dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan pemilihan informan, menentukan sumber dan jenis data, menentukan teknik pengumpulan data, serta mengolah dan menganalisis data. Hasil yang dapat di analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam Implementasi Electronic Public Relations melalui Website Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini mencakup kedalam beberapa kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan di indonesia demi mendukung Undang-undang keterbukan informasi. Selain itu, Pengelolaan website Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdiri dari perencanaan, pengelolaan, pengkoordinasian, pendayagunaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kemudian untuk pengelolaan konten diawali dengan tahapan perencanaan dalam hal anggaran, segmentasi dan pemilihan konten. Tahapan pengelolaan pada konten meliputi pengumpulan data serta pengolahan data, Uploading dan tahap terakhir adalah evaluasi.